Jumat, 18 Mei 2012

Makanan Pencegah Maag

Tadi ada seorang teman yang menanyakan tentang makanan apa yang dapat mencegah penyakit Maag, Saya sendiri kurang tahu, jadi daripada saya sok tau, saya menjawab "Nanti aja ta kasih tau, ntar ta browsing-in di mbah Google.

Dari beberapa artikel yang saya buka, Brokoli dan Pisang adalah salah satunya, and you know why???berikut penjelasannya,
  • Brokoli 
Pasti tau syuran yang bernama Brokoli kan?? Beragam penelitian tentang brokoli mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam sayuran ini sangat besar sehingga mampu menekan resiko kanker. Namun, baru-baru ini penelitian terbaru dan lebih spesifik mampu memberikan gambaran kemampuan brokoli dalam menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung dan kemungkinan kanker perut.


Di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusa dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung bahkan kanker perut. Sulforaphane dalam brokoli juga dikethui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senywa prokarsinogen dan mengekluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada yang sudh direbus terlalu matang.


Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat memicu enzim dalam perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan.
  • Pisang
 Buah pisang kaya akan pektin yang memiliki efek yang baik bagi orang yang terserang maag. Secara rutin makan buah pisang satu bah setiap pagi dan sore akan melindungi selaput lendir di lambung dari asam lambung


Sumber : http://mediaonlinenews.com/kesehatan/mencegah-maag-dengan-brokoli-dan-pisang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar